Belanda terkenal dengan keinsinyuran mereka di bidang keairan di kalangan masyarakat Indonesia dan dunia. Tidak sedikit yang memilih negeri kincir angin ini sebagai tujuan studi. Saat ini di jurusan Water Engineering & Management, University of Twente ada dua peneliti program doktoral, Hero Marhaento dan Andry Rustanto, dan dua mahasiswa program master, Aldorio Satriajaya dan Ratri Endah Putri. Mau tahu seperti apa kuliah di jurusan yang terkenal di negeri ini? Berikut sepenggal cerita dari Hero Marhaento.

Tentang Hero Marhaento

Hero Marhaento adalah seorang mahasiswa tingkat PhD di bidang Water Engineering & Management, University of Twente, Netherlands. Memulai programnya sejak September 2013 dan sekarang sudah masuk tahun terakhir masa studinya. Sebelumnya beliau meraih master di bidang Geoinformation for Disaster Management yang merupakan joint program antara ITC (Belanda) dan UGM (Indonesia).

Di Indonesia Hero Marhaento berprofesi sebagai dosen di Fakultas Kehutanan UGM di bidang konservasi sumber daya hutan.

Hero Marhaento (foto: Aden)

Kenapa memilih Belanda?

Selain karena sebelumnya sudah pernah kuliah di kota yang sama, Enschede, negara Belanda termasuk negara yang terbaik dalam aspek pengelolaan sumber daya air. Belanda cukup terkenal sebagai negara yang memiliki kemampuan Water Engineering & Management di dunia. Negara ini salah satu negara yang paling mumpuni dalam pengelolaan SDA (sumber daya air). Selain itu, Belanda adalah negara kecil yang berada di pesisir dan merupakan hilir dari berbagai sungai besar yang ada di Eropa. Permasalahan banjir yang dihadapi Belanda yang melanda hampir setiap tahun. Mereka mengembangkan keilmuan dalam manajemen air mulai dari bagaimana mencegah bencana banjir dengan berbagai teknologi seperti aspek pengelolaan tata guna lahan, sehingga efisien dan efektif untuk mencegah bencana banjir dan kekeringan.

Kenapa Water Engineering & Management?

Salah satu permasalahan besar di Indonesia adalah banjir dan kekeringan. Dua hal ini terkait dengan Water Engineering & Management. Terkait dengan latar belakang beliau di bidang kehutanan, salah satu fungsi dari hutan sendiri adalah sebagai regulator air. Bidang ini menjadi cocok untuk didalami.

Fokus riset & ketertarikan

Tema studi beliau adalah ‘Mengukur Dampak dari Perubahan Pengunaan Lahan terhadap Ketersediaan Air di Pulau Jawa, Indonesia’. Riset ini penting karena hampir di seluruh wilayah Indonesia mengalami ancaman bencana kekeringan saat musim kemarau dan ancaman bencana banjir saat musim hujan. Hasil studi akan berbentuk simulasi dampak dari penggunaan lahan yang ada di DAS (daerah alirain sungai) Samin di hulu DAS Bengawan Solo terhadap ketersediaan air yang ada di wilayah tersebut. Pola penggunaan lahan yang tepat untuk menjaga ketersediaan air di DAS Samin sehingga air akan seimbang saat musim kemarau dan saat musim penghujan.

Ketersediaan air bagi masyarakat di DAS Samin penting karena sebagian besar masyarakat merupakan petani yang membutuhkan ketersediaan air yang baik di kala musim kemarau untuk dapat mengairi pertanian. Sedangkan pada musim penghujan, masyarakat kelebihan air yang berakibat pada banjir. Permasalahan ini tidak hanya ada di DAS Samin, tapi juga hampir di seluruh wilayah Indonesia.  

Bidang ini untuk jangka panjang

Water Engineering & Management akan tetap selalu penting terutama bagi negara kita karena aspek pengelolaan SDA akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Permasalahan-permasalahan terkait pengelolaan SDA akan selalu ada, terutama dalam aspek kebencanaan seperti bencana banjir dan kekeringan, juga aspek-aspek lain seperti reklamasi, pencemaran air, dll. Praktisi, profesional, maupun akademisi akan selalu dibutuhkan untuk memberikan solusi-solusi bagi permasalahan-permasalahan tersebut.

Saran untuk yang tertarik mengambil Water Engineering & Management

Jangan ragu untuk memilih Belanda sebagai negara tujuan studi karena di sini terdapat tema-tema riset yang menarik, dibimbing oleh professor-professor yang terbaik di bidangnya, dan didukung oleh fasilitas studi yang juga terbaik.

Bagi yang tertarik lebih lanjut dengan penelitian-penelitian Hero Marhaento, bisa buka tautan ResearchGate berikut ini: https://www.researchgate.net/profile/Hero_Marhaento. Sudah ada 14 butir penelitian (per Mei 2017) dengan pokok pembicaraan tentang: Environmental Science, Remote Sensing, Hydrology, Forestry, Irrigation and Water Management, Meteorology, Water Balance.

Salam Kece!

Ditulis oleh: Aden Firdaus berdasarkan wawancara dengan Hero Marhaento