Halo sahabat Enschede!

Edisi pertama dari report hasil kompetisi olahraga ini kita mau membagi hasil dari kompetisi Hatta Cup pertama yg diikuti oleh kontingen PPI Enschede pada 12 Maret 2017 kemarin. Hatta Cup  adalah kompetisi olahraga yg baru pertama kalinya diselenggarakan oleh PPI Rotterdam. Ada beberapa cabang olahraga yg diperlombakan, Futsal, Badminton, Voli, Basket, Obstacle Run dan Tenis Meja.

Di cabang Futsal, PPI Enschede diwakili oleh tim yg di kapteni oleh Ihrom Mathori. Berikut anggota tim:
1. Dimas Wibisono P
2. Praditya Adhitama
3. Aulia Rahman S
4. Ihrom Mathori (Captain)
5. Kevin Hutapea (Keeper)
6. Dwi Luthfi P
7. Dzulqarnain
8. Maman S
9. Aimana I
10. Rheza A

Tim futsal PPI Enschede datang sebagai tim yg tak dikenal dan menjadi motivasi bagi tim. Di babak 16 besar, Enschede Stallions (Nama tim futsal PPI Enschede) bertemu dengan PPI Maastricht, dan mampu membungkam tim lawan dengan skor 6-1. Melaju ke babak quarter final, tim harus menghadapi tuan rumah, PPI Rotterdam yg notabene merupakan salah satu tim yg diperhitungkan. Dengan motivasi yg berlipat ganda dengan misi untuk mengalahkan tuan rumah, laga yg berlangsung sengit itu berakhir untuk kemenangan Enschede Stallions dengan skor 5-3, dan tim melaju ke babak semifinal dengan status tim kuda hitam. Di babak semifinal, PPI Enschede harus bertemu dengan “adik tiri”, PPI Deventer. Mereka pun adalah tim kuda hitam yg tak ada menyangka bahwa akan sampai di tahap Semifinal. Jadilah babak semifinal ini mempertemukan 2 tim kuda hitam yg berasal dari provinsi Overijjsel, dan bertajuk derby Overijjsel. Pertandingan berlangsung sengit, kejar mengejar dilakukan oleh kedua tim, namun tim Enschede Stallions harus mengakui keunggulan “adik tiri”, mereka menang 5-3 dan berhak melaju ke babak semifinal. Dikarenakan tak ada pertandingan perebutan juara ketiga, PPI Enschede menjadi juara 3 bersama dengan EESA (East European Student Association).

futsal 2

Di cabang Voli, tim Enschede diwakili oleh teman-teman berikut:
1. Chaidir Adlan (Captain)
2. Okky Freeza
3. Dzulqarnain
4. Ihrom Mathori
5. Adrita Bima
6. Laksmana Hanif
7. Maman S
8. Deby Fajar M
9. Kevin Hutapea

Di pertandingan pertama, tim voli kalah WO, berhubung tim terlambat tiba di lokasi pertandingan, dikarenakan jarak Enschede-Rotterdam yg lumayan jauh. Tim pun memulai dari losing bracket. Di pertandingan kedua (tapi sebenarnya pertama, haha) tim voli Enschede bertemu dengan wakil PPI Kota Den Haag, dan berhasil melaju ke babak 8 besar. Disinipun, tim kembali bertemu dengan wakil tuan rumah, PPI Rotterdam. Walaupun berhasil menang di set pertama, namun PPI Enschede kalah di set kedua, dan setelah poin diakumulasikan, Enschede harus menerima keunggulan tim tuan rumah.

voli 1

voli 2

Sementara itu di cabang Basket, tim PPI Enschede diwakili oleh:
1. Abrar Raditya (Captain)
2. Adrita Bima
3. Dzulqarnain
4. Riswan S
5. Aimana I
6. Adrian Alpin
7. Aji Putra P

basket 1

basket 2

Di grup penyisihan, tim berada di grup yg berat, bersama PPI Leiden yg tak diketahui potensinya dan PPI Den Haag yg terkenal akan tim basketnya. Pada pertandingan awal PPI Leiden mampu mengalahkan tim basket PPI Enschede dengan skor yg berbeda tipis. Sementara melawan favorit juara, PPI Den Haag, tim harus mengakui keunggulan lawan setelah dikalahkan telak dengan skor 46-6. Tim pun gugur di grup penyisihan.

Di tenis meja, Enschede diwakili oleh 1 orang, yaitu  Faried Rahmany. Walau sendirian, mas Faried tidak patah arang, dan terus melaju, hingga harus terhenti di babak quarter final, alias 8 terbaik.

badminton

Di cabang Badminton, Enschede mengirimkan 1 pasang ganda putra, Dwi Mandaris – Thomas Giorgio. Pasangan ganda putra yg mewakili generasi tua dan muda ini terbukti mampu menunjukkan keunggulan mereka dibandingkan dengan kontingen lainnya. Hasil latihan dan kerja sama mereka yg begitu padu menghasilkan medali emas untuk cabang badminton! Mereka berhasil mengalahkan perwakilan dari PPI Leiden pada babak final dengan kemenangan 2 set langsung.

Lalu di cabang kompetisi yg terakhir, Obstacle Run, Enschede mengirimkan atlet terbaik, yaitu Okky Freeza dan Deby Fajar M. Cabang olahraga yg baru diperlombakan kali ini di Hatta Cup ternyata begitu menantang. Peserta harus mengitari rute yg telah dibuat oleh panitia dan akan dihitung waktu tercepatnya oleh panitia untuk hasil juaranya. Tak ingin kalah dengan cabang lain, mas Okky langsung tancap gas dan mencatatkan waktu terbaik dan keluar sebagai juara cabang obstacle run. Sementara Deby Fajar M mencatatkan waktu terbaik ketiga, walau harus berbagi posisi dengan 1 orang lainnya yg catatan waktunya sama.

Dengan ini, kontingen PPI Enschede pulang dengan hasil memuaskan sebagai juara 2 umum dengan raihan 2 medali emas dan 2 medali perunggu, kalah 1 jumlah emas dengan juara umum, yaitu perwakilan dari KBRI. Walau demikian, kompetisi ini meninggalkan begitu banyak kesan bagi para atlit kontingen dan supporter dari PPI Enschede. Terima kasih atas partisipasi dan juga dukungannya! Sampai jumpa di kompetisi olahraga selanjutnya!

Author,

Novyantho Nur Ihrom Mathori

kontingen ppie