Pagi itu tanggal 7 Januari 2017 jam 10:30 CET (Central European Time) atau 16:30 WIB (Waktu Indonesia Barat), Mas Aji (demikian sapaan akrabnya) sebagai Ketua PPI Enschede 2016/2017 (Persatuan Pelajar Indonesia Enschede) menyampaikan idenya kepada tim pengurus harian PPIE untuk mengadakan lomba foto. Terinspirasi dengan ramainya timeline di Facebook dari teman-teman yang tinggal di Enschede penuh dengan foto salju. “Inilah momen kece,” celetuk Mas Aji.

Salju turun di Enschede kali ini lebih tebal dari tahun-tahun sebelumnya, ujar salah satu temannya. PPIE yang makin rukun dan kece adalah visi yang coba dibawa oleh kepengurusan sekarang. Tim yang penuh kreatifitas pun langsung berbagi ide dan menentukan konsep dari lomba foto.

Gambar 1. Poster Lomba Foto Seru! Salju Enschede

Hingga akhirnya Lomba Foto Seru*! (*Sejuk dan Rukun) Salju Enschede dimulai dari tanggal 8 hingga 15 Januari 2017. Informasi tersebut dibagikan melalui grup Facebook Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Enschede dan juga melalui akun instragram @ppienschede (Gambar 1).

Mas Okky Freeza, Mahasiswa Indonesia di University of Twente merupakan peserta pertama kali yang posting dalam instagramnya yang kemudian diposting ulang oleh @ppienschede. Dia berlari 5 kilometer di tengah dinginnya hembusan angin tebalnya salju di jalanan. “Berlari di musim dingin tentunya cukup menantang dan merupakan kepuasan tersendiri dapat menikmati salju di Enschede terutama di tahun awal saya belajar”, jelasnya.

Gambar 2. dingiiin…siapa takut…mari bereskpresi dan beraksi 🙂

Dua hari yang lalu, 15 Januari 2017 merupakan batas waktu terakhir lomba dan terkumpul sudah sebanyak 42 foto seru. Dari berbagai pose teman-teman pelajar yang menantang dinginnya salju sembari bermain, duduk dan berdiri menggunakan kaos oblong dan celana pendek hingga yang bersepeda (Gambar 2). Ekspresi momen ceria anak-anak yang merupakan putra dan putri dari Mahasiswa Indonesia yang tinggal di Enschede juga ikut memeriahkan foto salju yang sejuk dan rukun (Gambar 3).

Gambar 3. Keceriaan momen kece putra-putri

Berperan layaknya seorang model dalam sebuah sesi foto juga dimainkan oleh teman-teman Mahasiswa (Gambar 4).

Riswan, seorang PhD di Fakultas ITC University of Twente mengatakan: “kadang untuk mendapatkan hasil yang terbaik memang memerlukan usaha, momen indah salju Enschede menambah makna untuk dapat mengabadikan momen dengan gaya yang optimal”.

Gambar 4. ekspresi itu bisa kapan aja, tapi momen kece tetap perlu diabadikan dengan penuh gaya

Memotret berbagai obyek dan menangkapnya dalam komposisi keindahan, salah satu cara Mahasiswa mengekspresikan hobinya. Bahkan foto tersebut seakan-akan mengatakan biarkan gambar yang berbicar

Tak kalah seru, para mahasiswa memanfaatkan indahnya komposisi dan keseimbangan yang sudah tersaji secara alami dan mengambilnya dalam momen serta sudut yang tepat (Gambar 6). “Bagi saya, menangkap momen yang tepat tentunya adalah sebuah anugerah tersendiri”, ujar Eva salah satu Mahasiswa Indonesia yang baru tiba beberapa bulan di Enschede dan berhasil memotret tulisan University of Twente di saat cahaya matahari menyapa.

Gambar 6. komposisi dan keseimbangan dalam kehidupan itu kece dan indah

Gambar 7. bahagia itu sederhana: menangkap tiap momen indah tepat pada waktunya

Mbak Dwi, seorang PhD kandidat di Univeristy of Twente menyampaikan komentarnya: “kerennnn.kerennn..gilak benerrr..trimss PPIE yang membuat kamar-kamar kost dan ruang-ruang keluarga yang kesepian menjadi bergairah dan kreatif urun serta berbagi keceriaan, kehangatan dan ekspresi keikhlasan menerima dinginnya winter.. ramai-ramai ikuran itu seruu.. #berbagiituindah #stimuluskreatif #stimulusbahagia #kerjabagus”.

Sejak ditutupnya lomba, maka tim juri yang berhasil dikumpulkan oleh tim minat bakat dan kominfo PPIE telah melakukan penilaian terhadap 42 gambar foto seru dan kece bersama salju di Enschede. Tim juri terdiri dari 5 orang yang merupakan fotografer dan juga pegiat Instagram. Berdasarkan hasil penjurian dan satu pilihan favorit, maka ditetapkan juara pertama hingga keempat dan satu juara favorit berdasarkan jumlah like. Untuk Juara Pertama diduduki oleh dua peserta karena mempunyai nilai skor total yang sama. Sertifikat apresiasi atas peran serta diberikan kepada peserta melalui Grup Facebook PPI Enschede, tak lupa juga sertifikat tersebut diberikan kepada dewan juri.

Inilah salah satu cara bagi kami dalam membangun keceriaan dan semangat kegembiraan,serta kebersamaan di tengah nuansa belajar di Enschede. “Membangkitkan kebahagiaan dengan berbagi foto dan kisah di dalamnya semoga makin meningkatkan kerukunan dan nuansa kekeluargaan Mahasiswa Indonesia di Enschede”, kata ihrom Mahasiswa Indonesia yang belajar di Saxion University, Enschede.

-end-