Kewarganegaraan merupakan bukti formal terikatnya seseorang dengan suatu wilayah. Seseorang dikatakan telah menjadi warga negara jika memiliki beberapa dokumen seperti paspor, akta kelahiran dari negara tersebut. Hal ini menjadi sangat penting, terutama bagi anda yang baru memiliki anak di belanda, karena anda akan dikenakan denda yang tidak murah, jika belum melaporkan anak anda ke municipality di kota anda.

Untuk pengurusan dokumen kewarganegaraan untuk anak yang baru latir, seperti akta kelahiran, paspor dan verblijf, di Enschede, bisa dilakukan dengan beberapa tahap seperti  tabel di bawah ini:

Dikutip dari (http://khafidh.staff.uii.ac.id)

Secara ringkas, pengurusan akta dan paspor untuk anak baru lahir ada 3 tahap. Pertama, pelaporan diri ke municipality Enschede. Setelah anak anda lahir dan diberi nama, anda harus segera membuat appointment dengan municipality Enschede maksimum 3 hari setelah kelahiran, kalau tidak anda harus membayar denda 500 euro. Appointment bisa dibuat melalui telepon, website dan juga di kantor municipality langsung. Anda akan diberikan akta kelahiran dan juga surat izin tinggal. Dokumen tersebut masih harus dilegalisasi di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag.

Untuk proses pembuatan paspor, anda harus datang ke KBRI dengan membawa fotokopi akta kelahiran, fotokopi paspor ayah ibu, fotokopi akta nikah orang tua, 1 lembar foto anak, uang 30 euro dan mengajak langsung anak anda ke keduataan. Paspor akan bisa diambil kurang lebih satu minggu setelah hari peregistrasian.

Berbeda dengan pengurusan paspor dan akta kelahiran, pengurusan verblif dilakukan di Zwolle. Syarat dan ketentuan bisa dilihat di website ini: https://ind.nl/en/family/Pages/Child-born-in-the-Netherlands.aspx. Proses ini memakan waktu sekitar sekitar 3 bulan dan anda juga harus membayar biaya sebesar 51 Euro untuk pengurusan dokumen ini. Untuk pengambilan verblif, anda bisa langsung datang ke IND Zwolle tanpa harus membuat janji.

Jika semua dokumen2 telah didapat, anda bisa travelling dengan anak tercinta dan anak anda telah terdaftar secara resmi sebagai warga Indonesia yang menetap di Belanda.

Sekian artikel tentang pengurusan dokumen dokumen kewarganegaraan untuk anak yang baru lahir di Belanda. Semoga bermanfaat 🙂