Assalamualaikum dan selamat pagi teman-teman, kali ini divisi kominfo akan bercerita tentang salah satu komunitas Indenesia terbesar di Enschede, yaitu IMEA (Indonesian Muslim in Enschede Association).

IMEA. Yup, seperti namanya, komunitas ini adalah wadah berkumpul seluruh muslim dan muslimah Indonesia di Enschede. Bukan hanya pelajar, tapi mukimin alias warga Indonesia yang menetap di Belanda juga turut serta dalam kegiatan-kegiatan IMEA. IMEA ini bersifat terbuka, seluruh muslim Indonesia bisa bergabung mengikuti kegiatan-kegiatannya. IMEA tahun ini diketuai oleh Pak Dhadhang Wahyu Kurniawan (Pak Dhadhang), mahasiswa PhD University of Twente. Sedangkan wakilnya adalah mas Aulia Akbar (mas Aulia) dari ITC.

Apa aja sih kegiatan IMEA? Kegiatan rutin pertama yaitu pengajian bulanan. Setiap bulan di Globe ITC Hotel IMEA menyelenggarakan pengajian dengan mengundang ustadz Indonesia dari kota lain di Belanda maupun Jerman. Ibu-ibu IMEA biasanya spartan dalam membantu pengajian ini dengan membawa makanan dan minuman yang lezat (dan gratis, alhamdulillah). Pengajian bulanan untuk Februari ini insya Allah akan diadakan tanggal 19 februari (ahad) dimulai jam 12.00. Jadi buat kamu yang mau makan berbonus ngaji, eh ngaji berbonus makan maksudnya, silahkan datang ke pengajian bulanan IMEA.

Bapak-Bapak dan mas-mas IMEA setiap minggunya juga rutin berkumpul dari rumah ke rumah untuk mengadakan liqo (pengajian) pekanan. Di pengajian ini, tuan rumah dan juga pemateri digilir dari Bapak-bapak dan mas-mas IMEA. Pengajian biasanya dimulai dengan makan siang (yaay) kemudian dilanjutkan dengan tadarus bersama. Kemudian pemateri menyampaikan materinya dilanjutkan dengan diskusi ringan.

(Pengajian rutin IMEA di globe ITC Hotel)

Untuk para muslimah, jangan khawatir karena muslimah IMEA juga menyelenggarakan pengajian bulanan Annisa. Pengajian bulanan Annisa ini rutin diadakan seminggu setelah pengajian bulanan IMEA. Tuan rumah digilir dan kegiatannya kurang lebih sama dengan pengajian Putra IMEA.

Selain itu, di bulan Ramadan IMEA juga mengadakan acara buka puasa bersama. Terkadang, IMEA juga membagikan iftar (buka puasa) gratis kepada yang membutuhkan. Pada saat perayaan hari raya Idul Fitri atau Idul Adha, IMEA biasanya merayakan dengan open house atau BBQ di salah satu rumah warga IMEA.

Buat kamu yang masih penasaran degnan imea bisa berkunjung ke website dan facebook IMEA.  Di sini kamu bisa tahu lebih lanjut siapa saja pengurus IMEA tahun 2017 ini. Selain itu, kamu bisa baca hadits/ ayat of the month. Di website ini juga ada rekaman pengajian bulanan IMEA dan artikel-artikel keren yang menginspirasi.

So, buat kamu yang ingin mengisi jasmani dan rohani, silahkan turut bergabung dan aktif di IMEA. Insya Allah, pengajian IMEA-lah yang nanti bakal kamu kangenin di Indonesia.