Apa itu Toeslag? Secara sederhana, Toeslag dapat diartikan mekanisme bantuan/tunjangan finansial untuk sewa rumah dan untuk asuransi kesehatan yang disediakan oleh pemerintah Belanda bagi mereka yang berpenghasilan rendah, baik warga belanda atau yang memiliki izin tinggal di Belanda (seperti Pelajar atau Mahasiwa). Tulisan ini berusaha menjelaskan mekanisme dan tahapan dalam mengajukan Toeslag untuk sewa rumah karena dua alasan utama. Pertama, rumah adalah kebutuhan mendasar kita, sebagai mahasiswa, yang perlu dipersiapkan sebelum tiba (bagi mahasiswa baru) atau ketika kontrak habis sehingga harus mencari tempat tinggal baru (bagi mahasiswa lama). Kedua, harga sewa rumah di Belanda relatif mahal apalagi bagi Mahasiswa dengan keterbatasan biaya sehingga diharapkan Toeslag dapat membantu meringankan biaya sewa rumah selama studi di Belanda.

 

Berdasarkan situs resmi Toeslag  yang beralamat di https://www.belastingdienst.nl/wps/wcm/connect/nl/toeslagen/ , syarat untuk mengajukan toeslag untuk sewa rumah adalah sebagai berikut:

  1. Income rendah

Bagi yang single, pendapatan per tahunnya harus dibawah € 22,400, atau bagi yang berkeluarga, pendapatan total suami-istri per tahunnya harus dibawah € 30,400

 

  1. Harga sewa rumah cukup murah

Bagi yang berumur dibawah 23 tahun, harga sewa rumah per bulan harus dibawah € 417.34. Diatas umur 23 tahun, harga sewa rumah per bulan harus dibawah € 710.68.

 

  1. Menyewa “Independent Living Space”

Definisi “Independent Living Space” adalah tempat tinggal dengan karakteristik sebagai berikut:

  • a private living (bed) room
  • a kitchen with sink, supply and drainage for water and a connection point for a cooker
  • a private toilet with water flushing

Untuk lebih detailnya, silahkan baca link berikut ini.

 

  1. Telah menandatangani surat sewa kontrak dengan pemilik rumah (landlord)

Toeslag baru dapat diajukan setelah menandatangani surat kontrak dengan pemilik rumah (landlord).

 

  1. Bukti pembayaran sewa rumah berupa bank statement

Toeslag baru dapat diajukan setelah ada bukti pembayaran sewa rumah berupa bank statement

 

  1. Terdaftar di Municipality (Kecamatan/Keluharan kota terkait)

Penyewa rumah (baik untuk yang individual atau keluarga) harus sudah terdaftar di Municipality (Kecamatan/Keluharan kota terkait).

 

  1. Memiliki izin tinggal (a valid residence permit)

Sebagai mahasiswa yang kuliah di belanda, izin tinggal (1 atau 2 tahun tergantung masa kuliah)  harus diajukan setelah mendarat di belanda. Umumnya kampus atau universitas akan membantu proses pengajuan izin tersebut. Toeslag untuk sewa rumah ini berlaku dalam kurun waktu izin tinggal yang didapat (1 atau 2 tahun tergantung masa kuliah).

 

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai mekanisme mengajukan toeslag, ada baiknya mengetahui tipe dan jenis tempat tinggal yang ada di Belanda. Secara umum, tipe dan jenis tempat tinggal di Belanda dapat dibagi menjadi tiga kategori yaitu Student Housing, Private Housing, dan Social Housing.Penjelasan detailnya adalah sebagai berikut:

 

  1. Student Housing

Secara singkat, ini adalah tempat tinggal yang disediakan oleh kampus. Bentuknya bisa berupa apartement, kamar atau rumah. Lokasinya bisa berada di dalam kampus, seperti di University of Twente yang memiliki banyak akomodasi dan apartement di dalamnya, atau di luar kampus. Karena disediakan oleh kampus, kelebihan Student Housing diantara:

  • Flat rent cost tiap bulan karena sudah termasuk biaya air, listrik, gas
  • Tidak ada tambahan biaya untuk pembuangan sampah rumah tangga
  • Lokasi sangat dekat dengan kampus

 

Berikut adalah beberapa situs penyedia Student Housing:

 

  1. Private Housing

Private housing dikelola oleh pribadi atau perusahaan swasta. Biasanya dipasarkan oleh makelar, dengan harga jasanya mencapai 1 bulan sewa, atau bisa juga oleh landlord langsung. Kelebihan private housing adalah sebagai berikut:

  • Pilihan lebih banyak dan beragam, memudahkan kita untuk mendapatkan housing sesuai keinginan
  • Kebanyakan sudah furnished yaitu sudah dilengkapi dengan segala perabotan rumah tangga seperti tempat tidur, kasur, kulkas, kompor, lemari, vacum cleaner, peralatan masak, dan sebagainya.
  • Umumnya, landlord akan meminta deposit sebesar 1 kali sewa sebagai biaya antisipasi kalau ada benda yang rusak dan perlu diganti.
  • Selain di web-web makelar, juga di portal housing seperti kamernet, funda, dll.
  • Biasanya ada minimal kontrak 1 tahun.

 

Berikut adalah beberapa situs penyedia Private Housing:

 

  1. Social Housing

Tipe ini dikelola di bawah koordinasi pemerintah Belanda karena mereka mempunyai akses ke database kependudukan. Tipe ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Ada batas penghasilan

Kita akan diminta memasukan data penghasilan kita (dan pasangan kita) ketika membuat akun di website terkait karena orang dengan penghasilan di atas X euro, hanya bisa menyewa rumah dengah harga di atas Y euro.

  • Tidak ada deposit.

Keuntungan dari social Housing adalah tidak adanya deposit.

  • Tidak ada minimun kontrak.

Yang penting, kita harus mengabari pihak pengelola 30 hari sebelum kita pindah.

  • Pemenang dipilih secara random.

Setelah membuat account di website terkait, kita bisa apply ke beberapa rumah sekaligus. Akan ada 3 kandidat yang dipilih secara random untuk tiap rumah. Oleh karena itu, faktor luck atau keberuntungan sangat besar dalam mendapatkan rumah tipe Social Housing ini.

  • Kebanyakan rumah unfurnished.

Rumah tipe ini benar-benar kosong melompong. Bahkan lantainya pun tidak ada. Kecuali kita sempat melakukan transaksi dengan penghuni sebelumnya untuk membeli beberapa furniture, Jadi, skill tukang sangat diperlukan jika mendapatkan rumah tipe ini.

 

Berikut adalah beberapa situs penyedia Social Housing:

 

Selanjutnya akan dijelaskan mengenai tahapan pengajuan Toeslag untuk sewa rumah. Terdapat Lima tahapan yaitu sebagai berikut:

  1. Memastikan apakah layak menerima Toeslag

Prasyarat menerima Toeslag sudah dijelaskan sebelumnya di atas

 

  1. Menyiapkan kelengkapan

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

  • Memiliki DigID (Silahkan ikuti langkah di link berikut https://digid.nl/aanvragen )
  • Terdaftar di Municipality (alamat rumah yang akan diajukan untuk Toeslag harus sudah terdaftar di Municipality (semacam kecamatan atau kelurahan di Belanda)

 

  1. Log-in ke Toeslag

Silahkan klik link berikut ini

 

  1. Isi form dan ajukan permohonan

Setelah log-in (langkah 3), pada bagian kiri atas (My Allowance) terdapat bagian “overview”. Klik “request”, kemudian jawab beberapa pertanyaan untuk selanjutnya klik “Agree”. Setelah form diisi lengkap, klik “Agree and Send”.

 

  1. Menunggu Pengumuman

Pengumuman akan dikirimkan berupa email ke Message Box di bagian MyGovernment

 

Demikian tulisan mengenai cara mendapatkan Toeslag untuk sewa rumah di Belanda. Semoga bisa membantu meringankan biaya sewa rumah selama studi di Belanda.