Lapor diri merupakan event yang diadakan oleh PPIE dua kali dalam setahun (umumnya pada bulan Maret dan September atau Oktober). Adapun tujuan dari event ini adalah untuk membantu warga PPIE, terutama mereka yang baru datang ke Enschede untuk melaporkan kedatangannya di KBRI. Tujuan dari lapor diri tersebut adalah untuk memastikan bahwa keberadaan warga Indonesia yang sedang berada di Enschede dapat terdaftar di database KBRI dengan tujuan untuk mempermudah proses apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (contoh: kehilangan paspor, mengumumkan bahaya apabila ada wabah atau perang, dsb.)

 

Lapor Diri ini WAJIB dilakukan oleh setiap WNI yang tinggal di di luar negeri. Adapun dokumen yang perlu dibawa & disiapkan untuk lapor diri ini adalah:

  1. Paspor asli + fotokopi
  2. Pas Foto 3×4 berwarna (1 buah)
  3. Print out On-line registration Layanan Imigrasi (formulir lapor diri):
    http://imigrasi.indonesia.nl/aplikasi-online/formulir/
  4. Formulir Kemahasiswaan yang sudah diisi, dapat di download disini
  5. Formulir Kekonsuleran yang sudah diisi (khusus pemegang paspor biru/dinas), dapat di download disini

 

PANDUAN LAPOR DIRI

 

  • Formulir Kemahasiswaan

Diisi oleh mahasiswa baru baik pemegang paspor dinas (biru) maupun paspor biasa (hijau).

Jika ada mahasiswa lama yg belum mengisi Formulir Kemahasiswaan, mohon untuk diisi guna kelengkapan data di bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

  • Pemegang Paspor Biasa (Hijau)

Mengisi Formulir Kemahasiswaan dan Formulir Lapor Diri bidang Imigrasi.

Formulir Lapor Diri Imigrasi diisi secara online melalui website layanan imigrasi KBRI Den Haag (http://imigrasi.indonesia.nl/aplikasi-online/formulir/) dan di print untuk diserahkan pada waktu pelaporan bersama Paspor Aslinya, dengan melampirkan copy paspor halaman depan dan belakang serta 1 pas foto berwarna.

Mohon agar dilakukan pengisian form secara online terlebih dahulu dan di print sebelum datang ke acara lapor diri, karena tanpa pendaftaran secara online tersebut maka lapor diri tidak akan dilayani

  • Pemegang Paspor Dinas (Biru)

Mengisi Formulir Kemahasiswaan dan Formulir Konsuler, dengan membawa copy surat Setneg (penugasan ke luar negeri), copy paspor halaman depan dan hal. 7 (keterangan status yang bersangkutan), 1 pas foto.

Paspor asli jangan lupa dibawa.

  • Selain itu jika ada teman2 yang membawa Formulir SPPD, mohon dibawa pada waktu pelaporan agar dapat ditandatangani oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Bambang Hari Wibisono, dengan membawa copy surat ijin dari Setneg (surat penugasan ke luar negeri).

 

Mengingat akan pentingnya lapor diri dan sifatnya yang WAJIB, ada baiknya bagi warga negara Indonesia yang baru datang untuk mengikuti acara ini. Adapun apabila tidak dapat hadir pada acara ini, maka lapor diri dapat dilakukan secara individual dengan datang secara langsung ke KBRI di Belanda yang letaknya di Den Haag (http://www.ina.indonesia.nl/).