Pada tanggal 25 november 2017 dan tanggal 1 desember 2017 kemarin, telah dilaksanan hearing pasangan calon ketua dan presidium PPI Enschede. Kegiatan ini dilakukan agar anggota biasa PPI Enschede bisa mendapatkan bayangan visi & misi serta kapabilitas masing-masing calon.

Hearing pertama dilakukan di Globe, ITC Hotel enschede pada pukul 11.00 – 13.00. Sekitar lima belas, sampai dua puluh orang datang meramaikan acara, sementara yang berhalangan hadir masih dapat menonton hearing ini secara langsung.

Acara dibuka oleh moderator Febby Hotriati Psalmerosi dengan membacakan aturan dan susunan acara hearing. Sementara ketua KPU PPI Enschede Gibran Makyanie mempersiapkan menampilkan timer dan presentasi para calon. Saya sendiri, Gilang Charismadiptya bertugas untuk menjaga live streaming agar tetap berjalan dengan lancar.

Tata-tertib dan susunan acara hearing adalah sebagai berikut:

Tata-tertib:

  1. Dalam debat, dilarang melakukan black campaign, money politics, kekerasan, ancaman, SARA, dan provokasi. Tidak diperbolehkan juga untuk menyerang pribadi pasangan calon lainnya.
  2. Tidak ada tambahan waktu jika pasangan calon menjawab lebih dari waktu yang ditentukan.

Susunan acara:

Waktu Alokasi waktu Kegiatan
10.30 – 11.00 30 Persiapan
11.00 – 11.15 15 Buffer audience datang
11.15 – 11.30 15 Presentasi Calon Pertama (Visi & Misi, Tema)
11.30 – 11.45 15 Presentasi Calon Kedua (Visi & Misi, Tema)
11.45 – 12.15 30 Pertanyaan audience:
12.15 – 12.20
12.20 – 12.50 30 Saling bertanya
12.50 – 13.00 10 Persiapan pulang

 

Selanjutnya, pasangan calon pertama (Dzulkarnaen sebagai ketua dan mas Aulia Akbar sebagai presidium memaparkan visi dan misi, serta program kerjanya).

Dibawah ini adalah rangkuman visi dan misi yang mereka buat:

Visi
PPIE sebagai wadah Berinteraksi, Berkontribusi, dan Berkolaborasi dalam lingkup Kekeluargaan
Misi
– Merangkul aktif seluruh pelajar Indonesia baik individu maupun kelompok di Enschede
– Menjadi wadah berkontribusi dan pengabdian bagi pelajar Indonesia Enschede di Belanda
– Mengembangkan program kerja yang berkesinambungan
Proker
– Halo Pelajar Indonesia
– KuY! (Kumpul Yuk)
– SEBAT (Sehat Bersama teman)
– Duta PPIE
– DINNER (Discussion and Research)

Lalu, Pasangan calon kedua (Jong Lisa Silaban sebagai ketua dan Izzul Qudsi sebagai presidium) memaparkan visi, misi serta program mereka.

Dibawah ini adalah rangkuman visi dan misi yang mereka buat:

Visi
Untuk PPIE yang lebi SANS
Misi
– Meningkatkan Rasa Kekeluargaan Antar Warga PPIE
– Mendorong Peningkatan Kualitas Akademik Warga PPIE
– Melanjutkan Program PPIE Terdahulu Yang Dinilai Tepat Guna
– Berupaya Menjadi Wadah Penyaluran Minat Bakat Warga PPIE
Proker
– Welcoming Day
– Lapor Diri
– Indonesian Food Festival
– Indonesian Evening
– Workshop Sepeda
– Academic Writing Workshop
– Seminar
– Summer Vacation
– Pelepasan Warga
– Maksimalisasi KomInfo
– Keanggotaan
– JJSB (Jalan-jalan Sambil Belajar)
– Game Competition (Online dan Offline)
– Potluck Talk
-Fun Night Out

 

Acara dilanjutkan dengan sesi pertanyaan audience, yang harus dijawab dan ditanggapi oleh kedua audience. Pertanyaan dilontarkan oleh Victor Mataanggaran, mas Deby Fajar Mardhian dan Akbar Ariyanto. Pertanyaan dan tanggapan dapat di dengarkan pada link live streaming youtube dibawah.

Setelah itu, dimulailah sesi terakhir, yaitu sesi tanya-jawab antara pasangan calon. Format sesi ini adalah salah seorang calon diberikan kesempatan bertanya selama 1 menit mengenai visi, misi dan program kerja mereka yang menyangkut tema hearing. Tema hearing yang diangkat adalah “Menggalang Silaturahmi”. Calon yang menjawab kemudian diberikan kesempatan untuk menjawab selama 2 menit, dan kemudian dapat ditanggapi kembali oleh penanya selama 1 menit. Pertanyaan dan tanggapan dapat di dengarkan pada link live streaming youtube dibawah.

Pada saat istirahat, momen ini juga digunakan untuk berpisah dengan ketua PPI Enschede tahun 2016, Pratama Adieputra Suseno.

Tidak lupa setelah acara berakhir, seluruh anggota biasa PPI Enschede yang hadir, tim sukses serta KPU PPI Enschede melakukan foto bersama.

Berikut adalah presentasi kedua pasangan calon ,serta link youtube hearing pertama.

Presentasi pasangan calon 1:
https://prezi.com/view/QGLXGwwPCEVkkI3TIJD3/

Presentasi pasangan calon 2:
https://goo.gl/odKwe3

Video Hearing 1:
https://goo.gl/xB38QQ

Berbeda dengan hearing pertama, hearing kedua dilaksanakan di University of Twente, tepatnya di Global Lounge, Bastille. Acara juga terlaksana bukan pada hari sabtu siang, melainkan pada jumat malam. Hal ini dilakukan agar teman-teman yang tinggal di dalam kampus bisa ikut hadir menyaksikan kegiatan.

Tata-tertib acara tetap sama, namun ada yang sedikit berbeda dengan susunan acaranya. Menanggapi evaluasi dari hearing pertama, tim KPU memperbanyak sesi tanya jawab dengan audience, termasuk memberikan kesempatan kepada audience yang menonton secara live di youtube. Sebagai gantinya, sesi saling bertanya antar pasangan di kurangi.

Tema hearing kedua adalah “Mendukung potensi anggota“, sesuai dengan salah satu tujuan PPI Enschede berdasarkan AD/ART PPI Enschede.

Yang seharusnya melakukan presentasi duluan pada hearing kedua adalah pasangan calon nomor urut 2. Tetapi dikarenakan oleh suatu kejadian, Ketua dari pasangan nomor urut 2 terlambat hadir. Sehingga pasangan calon nomor urut 1 diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi terlebih dahulu.

Sesi tanya jawab antar audience pada hearing kedua terlihat lebih seru dibandingkan pada hearing pertama.  Berbagai pertanyaan dilontarkan dari mulai motivasi mereka mencalonkan diri, hingga apa yang harus dilakukan ke anggota yang kurang peduli terhadap PPI Enschede. Pertanyaan dikemukakan oleh Victor Mataanggaran, Robby Wijaya, Mas Okky Freeza Prana Ghita Daulay, Fitri Almira Yasmin, Mas Deby Fajar Mardhian dan Bapak Dwi Mandaris. Pertanyaan dan jawaban dapat didengar melalui link youtube hearing ke-dua dibawah.

Presentasi pasangan calon 1:
https://prezi.com/view/m/nhpbwpMPsFtccdqCKFcL/

Presentasi pasangan calon 2:
https://prezi.com/view/z1fZfbg2ECbLtek9BZfR/

Hearing 2 youtube:
https://youtu.be/Uq9mFDUQHJE

Pada akhirnya, siapapun calon yang terpilih, Tim KPU berharap pemenang pemilu PPI Enschede 2017 mampu mewujudkan PPI Enschede yang semakin maju, dapat mengayomi dan melayani para anggotanya dengan semangat, bermotivasi tinggi sehingga cita-cita PPI Enschede dapat terwujud.

Artikel ditulis oleh Gilang Charismadiptya Prashasta