Enschede Gowes Club (sering kali disingkat EGC) adalah salah satu komunitas di Enschede yang berisi para penyuka sepeda, mulai dari bersepeda santai, bersepeda piknik, bersepeda hura-hura, hingga bersepeda serius! Komunitas ini lahir pada tanggal 20 Maret 2016 di Enschede melalui perbincangan ringan yang isinya membahas kegiatan sepeda warga Indonesia di Enschede. Semenjak itu, terbentuklah grup Whatsapp! pada tanggal 23 Maret 2016 untuk mengumumkan kegiatan gowes pertama ke Delden pada tanggal 26 Maret 2016.

Dengan kemunculan EGC, berkembang pula antusiasme warga Indonesia untuk bersepeda, terutama dalam rangka rekreasi. Pada bulan berikutnya, kami melakukan gowes piknik ke Danau Hulsbeek, bertepatan dengan Hulsbeekdag pada tanggal 10 April 2016.

Setelah berselang 6 hari dalam bulan yang sama, kami mengunjungi Wissink Mol, salah satu kincir angin tertua di Enschede untuk mengetahui proses penggilingan gandum.

Kegiatan bersepeda lainnya, seperti trip ke Amsterdam, Gronau, Ochtrup, dan Bad Bentheim mengikuti kegiatan bersepeda pendahulu. Salah satu kegiatan gowes rekreasi paling meriah adalah gowes ke Danau Rutbeek. Jarak tempuh gowes tidak terlalu jauh (hanya sekitar 8 km) dan pelaksanaan saat musim panas menjadi atraksi bagi para orang tua mengajak anak-anak bersepeda. Kami menyiapkan bekal makanan, BBQ, dan makan bersama di taman rekreasi Rutbeek, diselingi main bola dan renang di danau. Kegiatan yang bertajuk Piknik, Boseh, Ngojay ini diikuti oleh sekitar 68 warga Indonesia dan rekan internasional di Enschede.

Video Piknik, Boseh, Ngojay

Oh ya, selain warga Indonesia, EGC juga menampung rekan-rekan internasional yang memiliki tujuan gowes yang sama, gowes untuk senang. Oleh karena itu, EGC dibentuk dengan landasan kekeluargaan dan persahabatan yang dijalin melalui sepeda. Tidak ada aturan khusus dalam komunitas ini. Semua berhak mengajak dan mengikuti kegiatan gowes.

Selain kegiatan gowes, EGC juga sering melakukan group buy suku cadang sepeda. Pembelian suku cadang sepeda melalui toko online dilakukan karena harga yang jauh lebih terjangkau. EGC juga kerap mengadakan bengkel bersama dalam rangka saling berlatih trik reparasi sepeda.

Bagi rekan-rekan yang tertarik bergabung, silakan menghubungi temannya yang sudah tergabung di grup Whatsapp! EGC atau jika tidak ada, boleh menghubungi Fajar (https://www.facebook.com/deby.fm)

Salam gowes!!

#EGC #EnschedeGowesClub #EnschedeGantengCantik

 

(Deby Fajar Mardhian)